Selasa, 02 Mei 2023

Materi Ajar PJOK (Praktek) Kelas 2 Menjaga kebersihan lingkungan disekitar kita

 MATA PELAJARAN PJOK 


Nama Guru    : Anggie Tiara Putri, S.Pd

Materi            : Aktivitas Sekolah (Menjaga kebersihan lingkungan sekitar)

Kelas             : 2ABC SD Al Azhar 1 Bandar Lampung

Hari&Tgl      : Rabu, 3 Mei 2023

Semester       : 2 (genap)


Assallamualaikum wr wb anak sholeh dan sholehah. Semoga ananda selalu bersemangat dalam melaksanakan ibadah puasa. Berikut bu guru sampaikan Pembelajaran awal dibulan ramadhan, silahkan di simak dan dipelajari dirumah


A.     Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan menyimak informasi dan peragaan, peserta didik dapat :

·         Siswa dapat menjelaskan cara menjaga lingkungan kelas dan sekolah

·         Siswa dapat membuat kesimpulan hasil diskusi tentang menjaga kebersihan ruang kelas (melaksanakan piket kelas), lingkungan sekolah (membuang sampah pada tempatnya dan tidak mencoret-coret dinding sekolah) secara individual atau berkelompok.


A. Kebersihan Sekolah

Kebersihan sekolah harus selalu dijaga. Menjaga kebersihan adalah tugas kita. Lingkungan yang bersih akan membuat nyaman. Kegiatan kerja bakti dapat menjaga kebersihan sekolah. Sekolah yang bersih dan nyaman membuat orang-orang dan lingkungan sekitarnya menjadi sehat. Kerja bakti harus dilakukan secara rutin. Kepala sekolah, guru-guru, dan petugas sekolah, serta semuanya harus ikut berpartisipasi.

    1. Kebersihan kelas

Kebersihan kelas juga harus dijaga. Setiap pagi kelas harus dibersihkan. Lantai disapu, kemudian sampahnya dibuang. Sampah tersebut dibuang ke tempat sampah. Meja dan kursi dirapikan. Papan tulis dihapus dan dibersihkan.



    2. Jadwal piket

Menyusun jadwal piket. Setiap anak akan dibagi ke dalam kelompok piket. Kelompok piket bertugas untuk membersihkan kelas. Kelompok piket bertugas sesuai jadwal yang ditentukan. Sekarang kita susun jadwal piket kebersihan kelas. Semua anak harus masuk dalam kelompok piket. Kamu harus ingat jadwal piketmu.


B. Memakai Pakaian dan Sepatu yang Sesuai

    1. Pakaian

Setiap hari kita memakai pakaian. Pakaian berfungsi untuk melindungi tubuh. Dengan pakaian, tubuh akan terlindungi dari udara yang dingin dan sinar matahari yang terik. Pakaian yang dipakai harus selalu bersih dan rapi. Pakaian yang dipakai harus sesuai dengan kegiatan yang dilakukan. Pakaian untuk ke sekolah adalah pakaian seragam sekolah. Pakaian seragam sekolah dilengkapi dengan dasi dan topi. 

    2. Sepatu

Alas kaki berguna untuk melindungi kaki. Alas kaki yang dapat digunakan ketika ke sekolah atau berolahraga adalah sepatu. Sepatu yang dipakai harus sesuai dengan ukuran kaki. Sepatu tidak boleh terlalu besar ataupun terlalu kecil. Sepatu yang pas akan nyaman ketika digunakan. Sepatu harus dirawat supaya tetap bersih dan awet. Caranya adalah dicuci dengan teratur dan dibersihkan jika kotor.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISI KISI PAS PJOK KELAS 2A, 2B, 2C Tahun Ajaran 2023/2024

 Nama Guru     : Anggie Tiara Putri, S.Pd Materi               : KISI KISI PAS PJOK Kelas                 : 2A , 2B, 2C SD Al Azhar 1 Bandar...