Kamis, 19 Januari 2023

Materi Ajar PJOK Kelas 1, MATERI AKTIVITAS GERAK DASAR SENAM LANTAI (Permainan Mendorong & Gerakan Berjingkat)

   MATA PELAJARAN PJOK TEORI


Nama Guru    : Anggie Tiara Putri, S.Pd

Materi            : Aktivitas Senam Lantai (Praktek)

Kelas             : 1

Hari&Tgl      : Jumat, 20 Januari 2023

Semester       : 2 (genap)

Pertemuan ke : 2


  A. Tujuan Pembelajaran

1.      Siswa dapat menjelaskan prosedur gerak bertumpu pada tangan dengan runtun dan percaya diri

2.      Siswa dapat mempraktikkan gerak saling mendorong dengan cepat

B.     B. Materi Pembelajaran

Dikutip dari Bentuk-bentuk Dasar Gerakan Senam oleh Sapto Adi, senam lantai adalah latihan senam yang dilakukan pada matras. Senam lantai memiliki unsur-unsur gerakan seperti mengguling, melompat, meloncar, berputar di udara, menumpu dengan tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau meloncat ke depan dan belakang.

Jenis senam lantai disebut juga latihan bebas karena pesenam tidak harus menggunakan peralatan khusus. Terkadang pesenam menggunakan alat berupa bola atau pita untuk meningkatkan fungsi gerakan, tetapi tidak wajib digunakan. Gerakan tetap bisa dilakukan meski tanpa alat bantu.

 

1. GERAK BERTUMPU DENGAN TANGAN SALING MENDORONG

Olahraga ini sering dianggap sebagai kegiatan yang melelahkan dan membosankan. Padahal, olahraga juga dapat dilakukan sambil bermain, sehingga aktivitas tersebut terasa lebih menyenangkan.

Pemain yang mendorong lawannya hingga melampaui batas yang ditentukan dinyatakan sebagai pemain yang menang. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1.        Dilakukan oleh pasangan dua, tiga, atau empat jika berkelompok.

2.       Buat garis untuk menjadi batas.

3.       Pemain berhadapan berseberangan dari garis lurus.

4.       Jika satu lawan satu, dua pemain saling pegang bahu kemudian saling mendorong.

5.       Jika pemain tiga atau empat dalam satu kelompok paling depan berpegang bahu, pemain di belakang membantu mendorong.

6.       Kelompok yang terdorong menyeberang garis batas akan kalah dalam permainan.




2. BERJINGKAT 
Berjingkat merupakan gerakan memindahkan tubuh dengan memakai satu kaki untuk menumpu dan bergerak, sementara kaki yang ditekuk di lutut.



Permainan ini bermanfaat untuk memperkuat otot lengan, melatih sikap sportivitas, memperkuat otot kaki saat mendorong dan melatih keseimbangan tubuh.

Berikut ibu lampirkan video pembelajaran untuk kalian simak, jangan lupa dipelajari & dipraktekkan ya ananda sholeh dan sholehah, dan jangan lupa untuk beribadah.


PENUGASAN

1. Praktikkanlah gerakan berjingkat dilantai ubin rumahmu dengan 8 langkah jingkat/jinjit dengan baik dan benar secara mandiri bisa dibantu orangtua!

Wassallamualaikum wr,wb




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISI KISI PAS PJOK KELAS 2A, 2B, 2C Tahun Ajaran 2023/2024

 Nama Guru     : Anggie Tiara Putri, S.Pd Materi               : KISI KISI PAS PJOK Kelas                 : 2A , 2B, 2C SD Al Azhar 1 Bandar...