Minggu, 19 November 2023

Materi Pembelajaran PJOK Teori Kelas 2

Nama Guru    : Anggie Tiara Putri, S.Pd

Materi            : Budaya Hidup Sehat

Kelas             : 1A SD Al Azhar 3 Bandar Lampung

Hari&Tgl      : Kamis, 23 November 2023

Semester       : Ganjil

Pertemuan ke : 1


Hallo, Assallamualaikum anak anak, Semoga kita semua dalam keadaan sehat wal'afiat. Blogger ini ibu sampaikan materi PJOK untuk hari ini, silahkan dipahami dengan baik yaa...


Tujuan Pembelajaran:

Melalui kegiatan menyimak peragaan, peserta didik dapat :

• Memahami apa itu hidup sehat

• Memahami apa saja yang dapat membuat badan menjadi sehat jasmani, dan rohani

• menjelaskan apa saja yang membuat badan sehat

MATERI PEMBELAJARAN:

Budaya Hidup Sehat

Setiap orang beraktivitas setiap hari.Ada yang pergi ke sekolah, bermain, dan berolahraga. Tubuh mengeluarkan energi untuk berjalan dan bergerak. Setelah itu, tubuh akan merasakan lelah. Oleh karena itu, tubuh kita perlu beristirahat. Dengan beristirahat,  akan terasa segar kembali.Kesehatan merupakan hal penting bagi tubuh kita. Dengan tubuh yang sehat, kita dapat beraktivitas dengan baik. Kesehatan sangat berkaitan dengan kebersihan.
Kata Kunci
• Kesehatan• Pakaian bersih
• Istirahat• Mencuci pakaian
• Merapikan pakaian• Kebutuhan tidur

A.  Menjaga Kebersihan Pakaian
Pakaian merupakan bagian penting untuk menutup tubuh kita. Pakaian yang bersih sangat nyaman dipakai. Sebaliknya, pakaian kotor tidak nyaman dipakai. Pakaian kotor menimbulkan bau yang tidak sedap dan gatal￾gatal. Selain itu, pakaian yang kotor akan membawa kuman. Jika pakaian kotor, gantilah dengan yang bersih.

1. Cara Mencuci Pakaian
Apakah kamu tahu cara menjaga pakaian tetap bersih? Ya, cuci dan rapikan pakaian. Mau tahu caranya? Baik, caranya sebagai berikut.
a. Cucilah pakaian dengan menggunakan sabun atau deterjen.
b. Gunakanlah air yang bersih untuk  dan merendam pakaian.
c. Pisahkan pakaian yang mudah luntur dan berwarna.
d. Gosok atau masukkan pada mesin cuci supaya kotoran hilang.
e. Keringkanlah pakaian yang telah dicuci dengan cara dijemur.

2. Cara Merapikan Pakaian
Setelah pakaian kering angkatlah dari jemuran. Kemudian, setrikalah pakaian agar rapi dan bersih. Boleh juga menggunakan pewangi dan pelembut agar pakaian wangi dan lembut. Setelah itu, lipat dan simpan pakaian di lemari pakaian. Pentingnya BeristirahatSetiap orang beraktivitas setiap hari.Ada yang pergi ke sekolah, bermain, dan berolahraga. Tubuh mengeluarkan energi untuk berjalan dan bergerak. Setelah itu, tubuh akan merasakan lelah. Oleh karena itu, tubuh kita perlu beristirahat. Dengan beristirahat tubuh akan terasa segar kembali.  Istirahat sangat penting untuk memulihkan kondisi tubuh. Apabila tubuh lelah dan cape, mudah terkena penyakit. Selain itu, tubuh akan terasa lemas dan pegal. Oleh karena itu, istirahatlah yang cukup.




B. Budayakan hidup sehat dengan tidur delapan jam dalam sehari
 Cara istirahat yang baik adalah sebagai berikut.
1. Melepas Lelah
Setelah beraktivitas atau berolahraga,  akan merasa kelelahan. Kamu dapat mencari tempat yang nyaman dan duduk santai. Silakan merentangkan tubuh  atas rumput, lantai, kursi, atau kasur.  itu, jalan-jalan di tempat yang segar dapat menghilangkan lelah.

2. Tidur
Istirahat yang baik adalah dengan tidur. Namun, tidur terlalu lama akan menjadi kurang baik. Oleh karena itu, tidurlah yang cukup. Tidur jangan terlalu malam. Tidurlah delapan jam dalam sehari. Tidurlah pada tempat yang nyaman dengan tubuh kamu. Cucilah tangan, kaki, dan sikat gigi sebelum tidur. Janganlah lupa membiasakan berdoa sebelum tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KISI KISI PAS PJOK KELAS 2A, 2B, 2C Tahun Ajaran 2023/2024

 Nama Guru     : Anggie Tiara Putri, S.Pd Materi               : KISI KISI PAS PJOK Kelas                 : 2A , 2B, 2C SD Al Azhar 1 Bandar...