Minggu, 22 September 2024

PEMBELAJARAN PJOK KELAS 2 SEMESTER GANJIL 2024/2025 MATERI GERAK DASAR MANIPULATIF

   Nama Guru    : Anggie Tiara Putri, S.Pd.

Materi            : Aktivitas Gerak Dasar Manipulatif 

Kelas             : 2B & 2D

Hari & Tgl      : Senin, 23 September 2024

Semester       : Ganjil

Pertemuan    : 3



Hallo, Assallamualaikum anak anak sholeh sholehah semuanya Selamat Datang & Selamat belajar bersama di SD Al Azhar 1 Bandar Lampung dengan keadaan sehat & gembira selalu.

Ini adalah blogger ruang pembelajaran PJOK dikelas 2 dengan tujuan untuk acuan belajar anak anak semua dirumah, anak anak sholeh sholehah semuanya kita akan belajar bersama menyenangkan dengan Bu Guru bernama Ibu Anggi😊, 

yukk kita mulai pembahasan Materi Pembelajaran pertama di semester ini, Selamat Membaca ...



Tujuan Pembelajaran:

Melalui kegiatan menyimak peragaan, peserta didik dapat :

• Memahami apa pengertian gerak dasar manipulatif

• Memeragakan variasi jenis-jenis latihan gerak dasar manipulatif

• Memeragakan variasi latihan melempar & menangkap bola yang baik dan benar



Pengertian Gerak Dasar Manipulatif

pengertian gerak nonlokomotor adalah gerakan olahraga yang dilakukan di tempat tanpa adanya ruang gerak. Gerakan ini dilakukan hanya dengan menggerakkan anggota badan, sendi, atau otot, dengan kondisi badan statis atau diam ditempat.

Contoh dari gerak lokomotor antara lain adalah menggeleng, menoleh mengayun, membungkuk, bergantung, jinjit, menggenggam, memuntir tubuh, menunduk.


Contoh Gerak NonLokomotor



Untuk mengetahui lebih lanjut terkait contoh gerak nonlokomotor, berikut penjelasannya:

  • 1. Menangkap

    Gerak manipulatif
    Source : SIMPKB

    Yang pertama adalah melempar, gerakan menangkap adalah salah satu dari keterampilan manipulatif yang mana dapat diartikan sebagai sebuah gerakan untuk menghentikan suatu momentum dari sebuah objek menggunakan tangan.

    Dalam melakukan gerakan yang satu ini sangat dipengaruhi oleh kemampuan visual untuk dapat melihat dan kemudian mengikuti gerakan dari objek. Gerakan yang satu ini biasanya digunakan oleh kiper dalam permainan sepak bola agar gawangnya tidak kemasukan bola.


    2. Melempar

    gerak manipulatif melempar

Melempar adalah salah satu contoh dari gerakan manipulatif, melakukan gerakan melempar adalah salah satu gerakan keterampilan manipulatif yang menggunakan salah satu atau kedua tangan untuk melontarkan suatu objek yang dipegangnya menjauh dari tubuh menuju ke suatu tempat tertentu.



3. Menendang

gerak manipulatif menendang
Source : Pojok Kelas

Menendang juga merupakan salah satu gerakan manipulatif yang selanjutnya. Gerakan menendang adalah salah satu keterampilan gerakan manipulatif yang menggunakan salah satu kaki yang digunakan sebagai media untuk memukul. 

Ada beberapa olah raga yang menggunakan keterampilan dari gerakan yang satu ini, contohnya adalah dalam permainan sepak bola.


4. Memukul

gerak manipulatif memukul
Source : Pojok Kelas

Memukul adalah salah satu dari gerakan manipulatif, memukul adalah satu gerakan manipulatif yang dilakukan menggunakan salah satu tangan atau kedua tangan atau bahkan menggunakan sebuah alat bantu yang diberikan daya kepada sebuah objek.

Gerak manipulatif yang satu ini biasanya dilatih dengan menggunakan sebuah benda yang dapat bergerak, salah satu contohnya adalah bola. Dan salah satu contoh permainan yang menggunakan teknik gerakan yang satu ini adalah kasti, di mana setelah bal dilemparkan akan langsung di pukul oleh alat bantu memukul berupa tongkat.


5. Menggiring

Gerka manipulatif menggiring
Source : MJ Creator

Menggiring juga merupakan salah satu contoh dari keterampilan manipulatif yang dapat diartikan sebagai sebuah gerakan untuk membawa suatu objek dari satu tempat menuju ke tempat yang lainnya baik menggunakan tangan atau menggunakan kaki.

Dalam melakukan gerakan ini sangat dibutuhkan kemampuan melakukan koordinasi yang baik antara tangan dan mata atau antara mata dan kaki.


Baik, Berikut adalah materi yang akan kita pelajari di pembelajaran sekolah, semoga anak anak semua paham yaaa...
Sampai jumpa disekolah sholeh & sholehah bu guru, jangan lupa ibadah dan menjaga kesehatan🙂

Untuk penunjang pemahaman anak anak berikut ibu guru cantumkan video pembelajaran terkait materi Gerak Dasar Lokomotor, selamat menyaksikan ...


Alhamdulillah Pembelajaran pertemuan pertama hari ini berjalan baik dan lancar.
Setelah melakukan pembelajaran hari ini, dapat disimpulkan bawah capaian pembelajaran tentang Gerak nonLokomotor (Kombinasi Gerak mendorong&membungkuk) di kelas 2B terdapat 3 siswi perempuan yang belum mampu melakukan dengan baik dan lancar , sedangkan siswa lakilaki dikelas 2B terdapat 3 siswa lakilaki yg belum mampu mempraktikkan nya dengan baik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBELAJARAN PJOK KELAS 1 SEMESTER GANJIL 2024/2025 MATERI GERAK DASAR MANIPULATIF

    Nama Guru     : Anggie Tiara Putri, S.Pd. Materi               : Aktivitas Gerak Dasar Manipulatif  Kelas                 : 1B Hari &...